Selasa, 29 April 2014

Instal slax pada virtual box




Virtual Box adalah software yang di buat oleh SUN MICROSYTEM Inc. Fungsi software iniadalah sebagai emulator yang dapat menginstall Sistem Operasi di dalam komputer yangsudah terdapat Sistem Operasi. Nah pada modul ini kami akan menjelaskan bagaimanamenginstall Linux Slax 6.1.2 di Virtual Box. Untuk lebih memahami cara menginstall LinuxSlax 6.1.2, baca proses instalasinya di bawah ini:
Instalasi Linux Slax 6.1.2 di Virtual Box :

Buka program aplikasi Virtual Box ( jika belum terinstal, instal lah terlebih dahulu )
 Muncullah jendela seperti di bawah ini :
 



Klik tombol Baru, kemudian akan muncul jendela selamat datang klik next.

Selanjunya akan muncul jendela yang menanyakan pada kita akan dinamakan apa system operasi virtualisasi yang kita buat,pada bagian nama kita dengan TUGAS PRATIKUM PTI, pada bagian operation system kita pilih linux,dan yang terakhir padabagian version kita pilih Orther Linux. Klik tombolnext untukmelanjutkan proses.



Kemudian akan muncul jendelan yang akan menanyakan pada kitaberapa memory yang akan kita gunakan pada virtualisasi ini. Kami di sini mengalokasikan memory sebesar 250 MB sesuai yang disarankan, kemudian klik next.



Klik tombol nextsampai muncul jendelan yang akan menanyakan kepada kita, berapa alokasi ukuran hardisk yang akan kita gunakan pada virtualisasi ini. Pada virtualisasi ini kita tidak perlu mengubah apapun, sehingga alokasi hardisknya adalah 8GB. Kemudian klik next.



 Kemudian akan muncul jendela yang memberitahu speksifikasi pada virtualisasi ini. Klik finish untuk melanjutkan proses.
 



 Selanjutnya akan kita akan melakukan konfigurasi pada bagian setting, klik tombol setting sehingga akan munculgambar seperti gambar dibawah ini.




Selanjutnya pilih storage –Empty-klik icon folder yang berada disamping CD/DVD device,seperti gambar di atas.

Kemudian akan muncul jendela Virtual Media Manager, klik tombol tambah di bagian di atas dan pilih iso linux slax. Maka akan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian pilih file iso yang sudah di tambahakan dan klik tombol pilih, lalu klik tombol  OK.

 Selanjutnya klik tombol mulai untuk memulai instalasi, maka virtualisasi atau prosesi instalasi akan berjalan, kemudian akan muncul jendela virtual box yang sedang melakukan proses booting.



Selanjutnya akan mucul jendela utama instalisasi linux slax, pada bagian ini kita tidak diharuskan memilih salah satu mode instalasi,kami disini memilih Slax Grapich Mode (KDE).
 



Kemudian terjadi proses pembacaanperangkat hardware atau system yang terdapat dalam computer.
 



  Setelah proses pembacaan selesai proses intalasi pun selesai. Maka akan muncul jendela utama Sistem Operasi Linux Slax 6.1.2 seperti dibawah ini.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar